Peran Pendidik Muda : Mendesign Pembelajaran Matematika yang Unik dan Menarik

Matematika seringkali menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa di setiap jenjang pendidikan. Kesan pertama yang tidak menyenangkan terhadap matematika, menjadikan matematika bagai menara gading yang sulit untuk dijamah oleh siswa. Banyak faktor yang menyebabkan matematika tidak berkesan di hati siswa. Mulai dari guru yang galak, materi yang terlalu banyak, tugas yang bejibun, metode yang tidak menarik sampai fasilitas pembelajaran yang tidak memadai. Akibatnya matematika tidak dapat dijadikan sebagai alat untuk mencerdaskan generasi muda bangsa ini, namun hanya sebagai kegiatan mekanis untuk mendapatkan nilai di dalam raport atau ijazah kelulusan.

Hal ini sudah menjadi pemikiran bagi pelaku pendidik dan para pengambil kebijakan. Beberapa kebijakan sudah dicanangkan, meskipun belum mendapatkan hasil yang optimal. Dan sudah seharusnya sebagai seorang pendidik muda, kita ikut berperan aktif dalam menyelesaikan masalah ini. Seorang guru matematika harus mampu mendesign pembelajaran matematika “secantik” mungkin. Menciptakan ide-ide kreatif yang inovatif untuk meningkatkan motivasi peserta didik terhadap matematika. Selalu melakukan riset terhadap pencapaian siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga matematika dapat menjadi alat untuk mengembangkan logika berfikir siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas generasi muda bangsa ini.

Apakah sebagai pendidik muda yang baru terjun sebagai pendidik kita mampu untuk melakukan suatu pembaharuan? Pasti mampu!! Kuncinya disini adalah apakah kita mau dan mau melakukan hal tersebut. Hal ini kembali kepada niat kita menjadi seorang pendidik. Ketika kita berniat mendidik hanya untuk mendapatkan gaji di akhir atau awal bulan, maka yang kita dapatkan hanyalah gaji tersebut. Namun, ketika niat kita mendidik tulus untuk mengajarkan ilmu dan nilai serta akhlak yang baik, maka kita akan berusaha semaksimal mungkin agar tujuan kita tercapai. Seberat apapun pasti akan kita jalankan, karena kepuasan melihat anak didik kita berhasil tidak akan bisa dinilai dengan lembaran uang.

Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita, sebagai pendidik muda untuk mendidik generasi muda bangsa ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita harus yakin bahwa setiap kebaikan yang kita usahakan suatu saat nanti pasti akan menjadi alat perubahan yang dapat merubah bangsa ini.

Jadi, sebagai guru matematika kita dituntut untuk mampu mendesign pembelajaran  matematika yang unik dan menarik. 

Selamat menjadi pendidik bagi mereka yang bergabung dalam laskar para pendidik!!!! Ubahlah wajah bangsa ini menjadi lebih menawan dengan ilmu, amal dan iman. Insya Allah setiap keringat yang kita teteskan dalam mendidik akan dicatat oleh Allah, meski tidak tergores dalam lembaran kertas dan tinta sejarah atau terpatri dalam prasasti….. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: